Sabtu, 18 April 2009

Tuban Kota Seni


Tuban Kota Seni? gak percaya ya? tp bener lho, Tuban emang kota seni, kalau masih gak percaya, nih saya tunjukan semua seni budaya khas Tuban

- Hari Jadi Tuban. Diperingati setiap 12 nopember, didalamnya terdapat kirab panji-panji daerah dan prosesi ritual lainnya.
- HUT RI. Berbagai pertunjukan daerah da karnaval ketika memperingati nya di Tuban.
- Haul Sunan Bonang. Kesinian daerah yang islami selalu ditampilkan ketika memperingati Haul Sunan Bonang. Haul biasanya dilaksanakan pada Kamis Pon/Jumat Wage bulan Muharam.

- Sedekah Laut. Diadakan sebagai tanda terima kasih kepada Tuhan YME yang telah memberi berkah. Biasanya dilakukan oleh nelayan pesisir tuban. Diadakan pada hari Rabu ketika musim panen.
- Sedekah Bumi. Diadakan di Desa Maibit, Rengel pada bulan Juni tepatnya hari Rabu Legi pukul 6 tepat. Poesinya diawali pemotobgan sapid an kemudian daging sembelihan tersebut di taru pada tempat-tempat tertentu.
- HUT Kwan Sing Tee Koen. Berupa kesenian etnis Tionghoa seperti baronsai. Diadakan pada Im Lek Hak Qwee 24.
- Lomba Perahu. Biasanya dilakukan dalam runtutan HUT RI bulan Agustus. Acara ini berupa lomba menghias perahu oleh nelayan pesisir Tuban.
- Wayang Krucil. Diadakan oleh warga Baturetno untuk melestarikan kesenian wayang yang dipelopoi R.A. Jamus sebagai cikal bakal masyarakat Baturetno.
- Seni Pertunjukan Sandur. Sebagai ungkapan terima kasih kepada Tuhan YME dan gambaran hidup manusia.
- Seni Pertunjukan Tayub. Tayub mempunyai tujuan yang sama dengan sandur namun tayub biasanya diadakan ketika musim panen.


2 komentar:

  1. aku suka wayangg...
    tapi pesona wayang dari tahun ke tahun mulai meredup... :((

    BalasHapus
  2. wah keren....
    aku liat sich waktu ke museum kambang putih. tapi be,um pernah liat acara pentasnya...kayak gimana za?

    http://tubanpunyatoak.blogspot.com

    BalasHapus