Sabtu, 18 April 2009

Tuban Kota Seribu Goa


Kalau ada orang yang mengatakan kalau Tuban itu kota yang penuh Goa, betul sekali. Karena banyak sekali Goa yang terdapat di kawasan Tuban. setahu ku ada 4 goa besar, kalau goa kecil sih banyak sekali di Tuban. 4 goa itu adalah Goa Akbar,Goa Ngerong, Goa Putri Asih dan Goa Lowo. Dari keempat goa itu, saya sudah pernah mengujungi semua nya kecuali Goa Lowo, jadi saya hanya bias menceritakan Goa Akbar, Goa Ngerong dan Putri Asih. Yang akan pertama saya ceritakan adalah Goa Akbar.


Goa Akbar : Sebuah Goa di kawasan Kelurahan Gedongombo Kec. Semanding ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu mempunyai ruang-ruang goa yang amat besar yang dihubungkan oleh lorong-lorong goa yang menakjubkan. Goa ini juga telah dikemas dan dikelola oleh pemkab Tuban sehingga goa ini sudah tampak modern dan tersentuh seni. Sebelum masuk goa anda akan disuguhi relief indah yang dipahat di dinding di sekitar pintu masuk goa. Goa ini juga memiliki sungai bawah tanah yang di dalam nya hidup berbagai ikan dan bulus, konon sungai itu terhubung dengan goa ngerong. Banyak legenda yang beredar seputar goa ini, salah satunya adalah legenda bahwa bulus yang hidup di goa itu adalah jelmaan manusia. Menarik kan?eitz jangan terkagum-kagum dulu karena saya masih akan menceritakan tentang Goa Ngerong.

Goa Ngerong : Goa yang terdapat di Desa Rengel Kec.Rengel ini memiliki sungai didalam nya yang amat jernih nan indah, didalam nya hidup ribuan ikan yang dianggap sakral oleh warga sekitar sehingga waga tak mau mengambil atau bahkan mengonsumsi ikan itu. Warga sekitar menganggap ikan itu adalah jelmaan manusia. Selain ikan hidup pula ribuan kelelawar yang bergelantung di rahang atas goa. Sehingga ketika sore hari anda akan menyaksikan ribuan kelelawar yang keluar goa untuk mencari makan. Bulus dan ular air juga hidup dalam sungai goa itu. Nah kan, lebih menarik kan? Selanjutnya saya bakal menceritakan tentang Goa Putri Asih.

Goa Putri Asih : Goa yang terletak di kawasan Kecamatan Montong ini juga tak kalah cantik. Goa ini mempunyai kelebihan pada kealamian goa, bahkan stalaktit dan staglamit ini masih hidup. Keindahan nya pun bisa dibandingkan dengan goa-goa lain. Gimana? semakin bingung milih mau ke goa yang mana?. Sebagai informasi saja Goa Lowo berada di Kec. Montong pula

3 komentar:

  1. mari jaga dan lestarikan keaslian goa akbar!:))

    BalasHapus
  2. wah saya sering lho mas ke tuban ke tmpat temen tp lom pernah ke gua ini jadi pengen neh wisata ke sini.......lain kali main ah...ke tuban lagi http://kendhin.890m.com/emoticon/love.gif

    BalasHapus