Sabtu, 18 April 2009

Kuliner Maknyos Khas Tuban

Bagi anda pecinta kuliner, Tuban adalah salah satu surga bagi anda. Banyak sekali makanan dan minuman khas Tuban yang sangat nikmat di lidah. Saya akan menceritakan beberapa makanam dan minuman khas Tuban untuk anda.

Pepes belut. Masakan ini sangat cocok buat anda pecinta masakan pedas. Masakan berbahan belut yang telah dibumbui serta dimasak ini sangat cocok dikonsumsi siang hari, karena pedas nya akan semakin mantap dengan udara panas dan angina semilir Tuban. Banyak warung yang menjual masakan ini, tapi yang terkenal ada dua, yaitu warung nya Pak Jangkar yang ada disemanding dan Bu Cemplon yang ada di Mrakurak. Kalau boleh saya sarankan, bahi anda yang pecinta pedas, lebih baik ke Bu cemplon karena disana lebih pedas. Dan bagi anda yang tidak suka pedas anda ke jangkar saja. Untuk rasa nya sama-sama nikmat. Untuk harga juga sama-sama murah kok, di jangkar hanya 7000/porsi dan di cemplon 5000/porsi. Dijamin puas deh

Becek Mentok
Berbeda dari daerah yang lain, yang biasanya becek terbuat dari ayam, sekarang anda harus mencicipi becek mentok. Mentok adalah binatang yang mirip bebek. Rasa becek mentok hampir sama dengan becek ayam, namun rasanya lebih gurih dan nikmat becek mentok. Warung penjual nuya ada banyak, namun biasa nya saya beli di kawasan Merakurak, tak jauh kok dari warung nya Bu Cemplon. Soal harga dijamin terjangkau deh.


Serabeh
Makanan ini juga makanan khas dari Bandung, namun berbeda dengan serabeh Bandung, serabeh Tuban akan disajikan dengan santan yang kental. Sebelumnya saya akan terangkan, apa sih serabeh itu?. Serabeh tepung beras yang dicampur air lantas dibakar diatas tungku api, setelah masak akan disiram santan. Serabeh biasa dimakan ketika pagi hari. Nah segera coba, harga nya sangat murah kok, sekitar 1000/biji.

Legen
Kalau ini saya yakin banyak yang tahu, anda juga tahu kan?kalau belum tahu, saya terangkan dulu deh. Legen adalah minuman khas Tuban yang diambil dari air bunga pohon aren. Soal rasa nya,dijamin bakal ngilangin dehaga anda, apalagi disajikan dengan es batu, mmmm segaaarrrr…..

Duku Perunggahan
Kali ini saya akan bercerita tentang buah khas Tuban. Seperti duku lainnya, duku perunggahan memiliki rasa yang manis. Namun beda nya duku perunggahan dengan duku yang lain adalah pada rasa nya yang lebih manis dan bentuknya yang lebih besar dan warnanya yang putih mulus. Tertarik?cobain di Tuban

2 komentar:

  1. Mohon alamat yg jelas Bu Cemplon yang ada di Mrakurak, Jalan apa, no. berapa atau dekatat apa,
    jauh nggak dg jalur pantura? trims

    BalasHapus
  2. "Rekomendasi wisata kuliner yang unik di kota Batu Malang :
    • Steak & Sate Kelinci
    • Jagung & Pisang Bakar
    • Aneka sambal & masakan tradisional khas Jawa lainnya.
    Rasanya extra kuat, tapi harganya relatif murah.
    Suasananya santai & romantis, cocok untuk nongkrong atau sekedar refreshing bersama keluarga. Berlokasi tepat diantara Jatim Park & Museum Angkut.

    Warung Khas Batu
    Jalan Sultan Agung 29, Batu, Jawa Timur 65314 (Jatim Park 1 - Museum Angkut)
    Tel / Fax : +62 341 592955
    HP/SMS/Whatsapp: +6285707585899
    BBM : 7D8DEB8C
    www.TheBatuVillas.com/WarungKhasBatu
    www.Facebook.com/WarungKhasBatu

    NB : blogger / pengulas / reviewer / tour guide kami undang test food GRATIS !
    "






















    BalasHapus