Sabtu, 18 April 2009

Tuban, Magnet Wisatawan

Kalau anda seorang yang suka melancong, saya yakin anda akan puas ketika berkunjung ke Tuban. Tuban memiliki banyak sekali tempat wisata. Yang saya ingin ceritakan pertama adalah makam sunan bonang, Makam salah satu penyebar islam di pulau jawa ini terdapat di kawasan Kelurahan Kutorejo, Tuban. Didalam sejarah disebutkan bahwa Sunan Bonang adalah guru dari Sunan Kalijaga dan Anak dari Sunan Ampel. Lokasi makam Sunan Bonang sangat strategis karena sangat dekat dari pusat kota. Untuk menuju nya anda cukup bejalan sekitar 300 meter dari alon-alon kota Tuban. Ketika berjalan menuju makam anda akan disuguhi pemandangn sebuah masjid yang sangat indah, yaitu Masjid Agung Tuban. Dan ketika anda memasuki komplek pemakaman, anda akan disambut oleh gapura yabg di dinding nya tertempel piring kuno. Di dalam piring itu tertulis huruf cina dan arab yang menunjukan asal piring itu berasal. Selain untuk berziarah, banyak orang yang ke makam itu untuk mencari jodoh ataupun rejeki. Karena di pojok makam anda akan menemukan genuk air yang konon jika meminumnya maka doa anda akan terkabul. Anda tertarik?silahkan mencoba, tapi mencoba nya jangan sekarang, karena saya masih ingin bercerita tentang bektiharjo, bektiharjo adalah nama sebuah kolam renang di Tuban. Tak jauh kok dari pusat kota, hanya sekitar 3km. Di bektiharjo, suasana nya sangat indah dan Rindang karena disana masih ditumbuhi pohon-pohon besar. Jadi selain renang, anda bisa menikmati pemandangan yang menawan


- Pemandian Prataan. Pemandian di Kec. Parengan ini merupakan pemandian air hangat, air nya yang mengandung belerang ini dipercaya mampu menyembuhkan pnyakit kulit.
- Air Terjun Nglirip. Lokasi nya berada di Desa Tingkis Kec. Singgahan, disana anda akan disuguhi air terjun yang sangat indah.
- Pantai sowan. Pantai di Kec. Bancar ini merupakan tempat peristirahatan ketika anda melintas di jalur pantura.

- Pantai Boom. Terletak di Kelurahan Kutorejo Kec. Tuban. Dulu pantai ini sempat dijadikan pelabuhan ketika jaman Majapahit.
- Makam Ibrahim Asmoro Qondi terletak di Desa Gresikharjo Kec. Palang. Makam ini merupakan makam ayah Sunan Ampel

2 komentar:

  1. brrr dingin,,, dah lama g nyemplung mbeti
    katae lg minta tumbal y?

    BalasHapus
  2. tolong di edit ulang ejaan tulisan

    BalasHapus